Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Saldo Rekening BNI yang Tidak Muncul di BNI Mobile Karena Status Dormant

Sebelum membahas cara mengatasi saldo BNI yang tidak muncul, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu, Apa Sih Pengertian Rekening Dormant Itu? Rekening Dormant adalah rekening yang statusya telah dibekukan oleh pihak Bank karena beberapa hal. Apabila saldo pada rekening anda tidak muncul pada aplikasi BNI Mobile, sudah jelas status rekening Anda menjadi Dormant.

Nomor rekening BNI berfungsi untuk mengidentifikasi pemilik rekening pada nasabah BNI, tentu saja ini juga berlaku untuk Bank yang lainnya. Fungsi rekening sendiri adalah untuk mempermudah pencatatan cash flow keuangan anda yang ada di Bank. Rekening BNI berarti juga pencatatan pembukuan keuangan yang anda simpan pada bank BNI. Rekening bank juga bisa dikaitkan dengan produk layanan perbankan seperti ATM, BNI Internet banking, BNI Mobile banking dan BNI SMS banking. Layanan tersebut tentu saja mempermudah anda untuk menggunakan transaksi tanpa harus pergi langsung ke Kantor cabang BNI.

Akan jadi masalah yang merepotkan, jika akun Anda tidak aktif atau dibekukan dengan status dormant sehingga aktivitas perbankan tidak dapat diotomatisasi. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dan teliti agar rekening BNI Anda tidak sampai dibekukan dengan mengikuti setiap aturan perbankan yang telah ditetapkan. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan apa itu dormant akun, alasan terjadi dormant akun, biaya untuk mengatasi dormant dan solusi sederhana untuk dormant akun.

Definisi Bahasa untuk Akun Dormant Jika dimaknai secara linguistik

Pengertian dormant akun adalah pasif, dengan kata lain rekening yang tidak aktif. Berdasarkan pemahaman bahasa inilah dormant digunakan dalam perbankan untuk menandai akun rekening yang telah di bekukan.

A. Definisi Akun Tidak Aktif Dalam kasus rekening BNI dormant

Secara definisi itu adalah rekening bank BNI anda yang dibekukan. Jika rekening sudah dibekukan, semua aktivitas perbankan dan layanan dari BNI akan berhenti, termasuk mentransfer uang, membayar tagihan atau menerima transfer, dan bahkan tidak bisa memeriksa saldo menggunakan baik itu Internet Banking, Mobile Banking atau layanan yang lainnya yang dilakukan secara personal. Jika merujuk pada bahasa dunia medis, akun tersebut telah pingsan dan kemungkinan akan mati tanpa segera mendapatkan perawatan khusus.

B. Alasan akun BNI tidak aktif Rekening bisa dormant

Sebenarnya tidak hanya akun rekening BNI saja yang bisa mengalami hal tersebut, rekening bank yang lain juga bisa. Berikut beberapa alasan mengapa sebuah rekening BNI bisa menjadi dorman:

1.       Kesalahan dalam transfer

Pernahkah Anda menerima SMS bank dengan pemberitahuan tentang transfer masuk senilai miliaran di rekening BNI Anda. Ternyata, setelah diselidiki, akunnya telah diblokir. Pasalnya, seseorang telah melakukan kesalahan transfer dan pemilik rekening tersebut melaporkannya ke bank, sehingga rekening BNI Anda yang salah sasaran transfer bisa diblokir oleh pihak BNI agar uang yang salah tidak disalahgunakan. Ini adalah salah satu alasan akun rekening anda menjadi dormant atau beku.

2.       Terjadinya aktivitas yang mencurigakan

Terjadinya aktivitas perbankan yang mencurigakan juga dapat menyebabkan rekening BNI Anda menjadi tidak aktif atau dibekukan. Bank mungkin telah melihat terdapat aktivitas yang tidak wajar. Mungkin ada peretas atau orang usil yang berniat merusak akun rekening BNI milik Anda untuk mencuri dana yang tersimpan. Inilah sebabnya mengapa pihak BNI akan menonaktifkan akun rekening anda.

3.     Saldo rekening tidak diisi

Hal ini biasanya yang sering menjadi penyebab utama mengapa akun tersebut dorman, karena akun tersebut sudah lama tidak terisi saldo dan tidak ada aktivitas dalam jangka waktu berbulan-bulan. Karena setiap bulan saldo di rekening Anda berkurang akibat biaya administrasi yang di tetapkan secara otomatis oleh pihak bank. Jika saldo akun Anda rendah dan Anda tidak mengisi ulang untuk waktu yang lama, saldo Anda akan habis maka secara otomatis nomor rekening anda akan dibekukan.

C.  Cara mengelola Rekening BNI yang tidak aktif

Untuk mengatasi rekening BNI yang dormant jangan panik dulu, ikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan pihak bank yaitu mendatangi customer service atau langsung ke teller bank BNI, jangan lupa membawa KTP sebagai jaga-jaga, setoran uang minimal Rp. 100.000,- dan buku tabungan untuk aktivasi kembali akun yang tidak aktif. Saya kira Langkah tersebut cukup sederhana.

D.  Biaya Mengurus Dormant

Jika Anda telah selesai memproses status akun Anda di bank, pada akhirnya Anda akan dikenakan biaya minimal sebagai bentuk setoran untuk mengaktifkan kembali akun Anda. Biaya pengelolaan yang ditetapkan tidak mahal minimal hanya Rp. 100.000,- itu pun akan masuk sebagai debit pada rekeninig anda, jadi anda masih bisa mengambilnya lagi.

Semoga setelah anda membaca langkah dan cara mengatasi saldo rekening bni yang tidak muncul, Anda sudah tidak lagi panik dan tidak kesulitan dalam mengatasinya. Apabila anda sudah mempunyai rekening BNI tapi belum mengaktifkan fitur layanan BNI Mobile anda bisa mencoba Cara Daftar BNI Mobile Banking.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Saldo Rekening BNI yang Tidak Muncul di BNI Mobile Karena Status Dormant"