Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Mengembalikan atau Downgrade Windows 11 ke Windows 10

 

Apabila Windows 11 dirasa kurang memenuhi ekspektasi Anda atau menurut anda kurang stabil performanya saat berjalan pada komputer Anda, Anda dapat mendowngrade atau mengembalikan versi dari OS Windows 11 ke OS Windows 10 dengan melakukan langkah-langkah yang terdapat pada tutorial kali ini. Dimungkinkan untuk Kembali (Roll-back) ke versi yang lebih lama, yaitu Windows 10, hanya saja ada tenggat waktu yaitu 10 hari setelah pemasangan Windows 11. Artikel ini menjelaskan cara menurunkan versi ke Windows 10 selama dan setelah periode 10 hari.

Saat Anda mengupdate atau meningkatkan PC Anda dari Windows 10 menjadi Windows 11, tentu ini masih menyimpan windows versi sebelumnya yang berada pada folder Windows.old. Biasanya 10 hari selesai penginstalan, PC Anda akan menghapus folder Windows.old secara otomatis. Oleh sebab itu, pilihan default untuk kembali ke OS Windows 10 bisa dinonaktifkan sesudah 10 hari berlalu. Apabila Anda berada pada kelompok yang memilih default 10 hari, tentu saja cara ini sedikit berbeda dan lebih mudah untuk di lakukan dari opsi yang lainnya.

Apakah Bisa Mengembalikan versi Windows 11 menjadi Windows 10?

Jawabannya tentu saja, Anda dapat menurunkan versinya atau downgrade dari Windows 11 ke Windows 10 dalam rentan waktu 10 hari tanpa file-file lama terhapus atau hilang satu pun. Namun, setelah tenggang waktu 10 hari berlalu, Anda perlu menghapus instalasi file lama Windows 10 Anda sebab pilihan Rollback akan tidak bisa digunakan lagi.

Sebelum Anda memulai, Anda perlu tahu bahwa mendowngrade versi ke Windows 10 dapat menghilangkan semua aplikasi yang telah Anda install dan mengubah pengaturan. Namun, sesudah Anda memiliki PC Windows 10 original yang berfungsi penuh, Anda bisa mengatur menu secara keseluruhan.

Cara menurunkan versi dari Windows 11 kembali menjadi Windows 10

Untuk mendowngrade versi dari Windows 11 menjadi Windows 10, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sesuai di bawah ini. Pastikan Anda tidak melebihi batas waktu 10 hari setelah pengintallan Windows 11.

Tentu saja, penting juga untuk di ingat bahwa cara ini hanya dapat berfungsi jika Anda telah meningkatkan versi dari Windows 10 ke Windows 11. Yakni, hal tersebut tidak dapat berfungsi apabila Anda melakukan instalasi bersih (Clean Install) atau instalasi baru Windows 11 di computer atau laptop Anda.

Pada tahap ini Anda dapat menekan shortcut Win + I untuk membuka Pengaturan Windows pada PC Anda. Selanjutnya, pilih menu System pada panel kiri, lalu pilih menu Recovery di panel kanan.

Di halaman selanjutnya, Anda dapat melihat pilihan untuk Previous Service of Windows pada panel sebelah kanan. Anda hanya perlu menekan Go Back di sebelah pilihan itu.

Kemudian, Anda nantinya diminta untuk memebrikan alasan mengapa Anda menurunkan sistem operasi Anda Kembali menjadi Windows 10. Anda leluasa bisa mencentang kotak pilihan apa pun yang sesuai dengan alasan anda, lalu tekan Next.

• Pada poin tertentu, Anda nantinya juga dimintai untuk menemukan update yang ada untuk Windows 11. Anda bisa menekan No,Thanks di pop up layer komputer anda.

• Terakhir, Anda bisa melihat piliha Kembali ke versi awal (Go Back Earlier Build). Anda hanya perlu memilih pilihan tersebut.

Ketika semuanya sudah dilakukan, PC atau Laptop Anda secara otomatis melakukan restart beberapa kali dan mulai memasang instalasi Windows 10.

Setelah selesai, Anda bisa mensetting komputer atau laptop versi Windows 10 sesuai dengan kemauan anda.

 Cara menurunkan versi dari Windows 11 ke Windows 10 setelah 10 hari

Apabila Anda sudah melebihi batas waktu 10 hari sesudah memasang instalasi versi Windows 11 pada computer anda, otomatis Anda tidak bisa lagi memakai pilihan Previous version of Windows melalui tombol Go Back karena sudah tidak ada lagi di menu pengaturan Windows Recovery. Untuk kasus ini, Anda perlu melakukan fresh install untuk Windows 10. Dalam melakukan ini, lakukan instruksi step by step di bawah ini untuk menyelesaikannya.

• Pertama, Anda perlu mengunduh file ekstensi ISO Windows 10 dari website resmi Microsoft.

Selanjutnya anda bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Rufus untuk membuat USB bootable Windows 10. Anda juga bisa membuat Windows yang dapat di-boot (bootable) dari Linux.

Selanjutnya, anda perlu mengikuti petunjuk ini untuk melakukan instalasi bersih (Clean install) Windows 10 dari USB.

Setelah semuanya selesai dilakukan, Anda bisa mengatur setting komputer Windows 10 Anda sesuai yang anda inginkan. Perlu diingat, proses ini beresiko semua file dan folder yang ada pada folder C dapat hilang atau terhapus dari komputer Anda.

Oleh sebab itu, Anda mungkin perlu mencadangkan file-file yang di rasa penting bagi Anda sebelum melakukan clean install Windows 10. Demikian tutorial ini semoga bisa  membantu Anda agar tidak kesulitan dalam melakukan downgrade dari Windows 11 ke Windows 10.

Posting Komentar untuk "Cara Gampang Mengembalikan atau Downgrade Windows 11 ke Windows 10"