Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Cara Supaya Ponsel Android tidak lemot

 

Akan terasa menyebalkan ketika lagi enak membuka ponsel malah lemot. Itu bisa menjadi emosi tingkat dewa ketika smartphone favorit kita meminta bantuan. Sering kali ketika smartphone kita terasa berjalan lambat bahkan nge-lag, sering mengira bahwa smartphone tersebut terkena virus. Terkadang kita terburu-buru untuk membawanya ke pusat layanan saat atau tukang service handphone.

 Tidak jarang juga kita disuruh untuk menginstalnya kembali dan bahkan lebih menjadi masalah mengingat biaya servisnya juga lumayan untuk menguras kantong. Belum lagi lamanya menunggu hingga berhari-hari. Lebih rumit lagi kita tidak bisa menggunkan untuk smartphone tersebut sampai servisnya selesai, yah, itu menjadi kacau. Jadi Gameboth telah merangkum 5 langkah cara supaya Hap Android Anda tidak lemot:

1. Usahakan untuk menghapus cache.

Langkah cara pertama adalah mencoba untuk menghapus cache, apa itu chache dan apa hubungannya dengan ponsel android yang lemot. Cache sendiri adalah akumulasi cache atau memori cache yang memperlambat smartphone Anda. Karena RAM smartphone penuh dengan cache aplikasi. Jadi bagaimana cara menghapusnya? Cara yang sangat sangat sederhana. Buka pengaturan - aplikasi - pengelola aplikasi - hapus memori (langkah penghapusan tergantung pada jenis ponsel Anda). 

2.  Hapus aplikasi default.

Langkah cara kedua adalah menghapus aplikasi default bawaan yang ada di ponsel android Anda. Itu tidak masalah, kan? Tentu saja bukan karena aplikasi bawaan di ponsel Anda tidak ada hubungannya dengan Android. Jadi mengapa menghapus aplikasi default? Karena aplikasi bawaan yang jelas, terkadang berajalan secara diam-diam menggunakan memori dan penyimpanan, sehingga itu dapat membuat ponsle android Anda menjadi seperti siput yang berjalan lemot. Seoerti contoh, salah satu aplikasi bawaan Samsung yang ternyata tidak digunakan adalah GALAXY Gift Indonesia dan lainnya. Untuk menghapus/menonaktifkan aplikasi default, Anda hanya perlu pergi ke pengaturan->manajer aplikasi->semua->lalu temukan aplikasi yang ingin Anda hapus.

3. Hindari update otomatis dari Google Play Store

gh  Langkah cara ketiga adalah bisa dengan menghindari update otomatis yang berjalan pada Google Play Store. Hal ini alangkah baiknya untuk melakukan update secara manual dari aplikasi yang ada di smartphone kita tentunya. Alasan untuk menghindari update otomatis yang perlu anda ketahui bahwa ketika smartphone anda dihidupkan, maka otomatis akan terkoneksi dengan internet.

Tentu saja google play store akan mendeteksi aplikasi apa yang perlu di update, kemudian google play akan mendeteksinya dan kemudian melakukan auto update secara diam-diam. Hal inilah menyebabkan RAM yang digunakan saat melakukan auto update akan sangat tinggi karena mencakup update software. Untuk mengatasinya bisa di atur di Google Playstore dengan cara buka Playstore -> Klik icon garis tiga -> Klik Setting -> Auto-update apps -> Pilih "Do not auto-update apps".

4. Perlunya menambah penyimpanan (SD card) eksternal

Langkah cara keempat adalah dengan menambah memori eksternal. Tentunya ruang penyimpanan yang sangat kecil juga akan mempengaruhi kinerja smartphone, sehingga sangat perlu dilakukan penambahan memori eksternal. Anda bisa menambahkan memori eksternal sesuai dengan tipe ponsel android anda.

5. Atur ulang pabrik / factory Reset

Langkah cara terakhir jika sudah mentok adalah dengan melakukan factory reset, namun sebelum melakukan langkah ini pastikan anda memiliki rekap email dan password yang berhubungan dengan akun google pada ponsel android anda. Hal itu karena setelah melakukan factory reset, tentunya anda akan diminta untuk memasukkan email yang berhubungan dengan email smartphone anda.

Hal yang paling penting adalah dengan mencadangkan data (backup) karena factory reset dapat menghapus semua aplikasi, file, dan akun yang terdapat pada ponsel android Anda. Untuk mengatur ulang ke pengaturan pabrik, klik menu Pengaturan -> Cadangkan dan setel ulang -> Reset pabrik. Atau juga bisa melakukan hard reset dengan cara yang berfunsi sesuai dengan tipe smartphone masing-masing.

Itulah 5 langkah cara agar ponsel android tidak lemot, jika ada trik yang berhasil menurut sobat sekalian silahkan berkomentar ya. Sebaiknya gunakan cara yang menurut anda paling mudah untuk di coba terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "5 Langkah Cara Supaya Ponsel Android tidak lemot"