Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 dengan Rufus, Caranya Mudah Kog

Gameboth - Bagaimana cara membuat flash drive yang dapat diunduh untuk Windows 7 8 10 dengan Rufus? Bootable adalah sistem boot awal dari sistem operasi yang dapat di-boot ke CD/DVD Flashdisk media penyimpanan lain yang dapat dipasang di hard disk. Biasanya dapat di-boot untuk menjalankan sistem operasi seluler atau menginstal sistem operasi seperti windows linux dll. 

Proses pembuatan bootable via flashdisk dengan Rufus cukup mudah. Rufus adalah aplikasi seluler open source gratis untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat USB flash drive yang dapat di-boot atau Live USB. Rufus dikembangkan oleh Pete Batard dari Akeo Consulting. rufus adalah aplikasi gratis Freeware adalah aplikasi gratis yang dikembangkan untuk penggunanya.

Rufus memiliki antarmuka yang sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk menggunakan Rufus versi terbaru ketika admin mengunjungi situs resmi Rufus 3.3. Anda bisa mendownload aplikasi Rufus langsung dari website resmi Rufus di https://rufus.ie. Artinya ukuran file Rufus relatif kecil hanya 1 MB. Tentu saja untuk membuat falsh disk yang dapat di-boot atau bootable, jika   Anda belum memiliki sistem operasi Windows 7 8 10 ISO. Anda dapat mengunduh file ISO Windows dari situs web resmi Microsoft atau dari situs web unduhan sistem operasi online. 

Membuat bootable flashdisk adalah pilihan yang tepat karena memudahkan Anda untuk memformat flash disk yang dapat di-boot karena proses transfer file flash disk yang relatif cepat sedangkan memformat CD/DVD sulit, jika menggunakan CD/DVD membutuhkan waktu lama. Untuk membuat Falsdisk dapat di-boot Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

1. Setelah mengunduh aplikasi Rufus dari https://rufus.ie Setelah meletakkannya di folder yang mudah diakses Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini karena aplikasi Rufus adalah aplikasi portable. 

2. Masukkan Flashdisk Anda ke Laptop atau Komputer Anda: 

3. Buka aplikasi Rufus. Agar proses bootable berjalan lancar pertama klik kanan file rufus exe, lalu jalankan sebagai administrator. Lihat deskripsi gambar di bawah ini. 

4. Kemudian pilih sistem operasi yang akan diinstal pada hard disk sebagai bootable. Klik Select - Temukan file OS yang berekstensi ISO - Klik Open - Ganti label dengan nama OS - Gunakan di sistem file NTFS - Kemudian klik Show Advanced Format Options lalu centang Quick Format and Create Extended Lable and Icon File - Kemudian Klik OK . Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.


Flashdisk telah terbaca oleh Rufus
Flash Disk telah di baca oleh Rufus

Lalu pilih Disk or ISO Image (Klik Select)


Please Select dan Cari File ISO

Ubah File System menjadi NFTS


Lalu Pilih Show Advanced Format Option, kemudian centang pada QUICK FORMAT DAN CREATE EXTENDED LABEL AND ICON FILE 


Yang Terakhir Klik OK, Popup yang muncul ini untuk menkonfirmasi kesedian Anda karena proses membuat bootable akan mengganti keseluruhan data yang ada di flasdisk. Selanjutnya kamu dapat menunggu beberapa menit, biasanya proses ini memerlukan kurang lebih 15 Menit.


Pada titik ini Anda telah berhasil membuat flash disk bootable dan Anda dapat menggunakan flash disk sebagai media instalasi Windows Anda. Flash drive yang Anda gunakan memiliki kapasitas yang sama dengan sistem operasi biasanya 4 GB untuk Windows 7 8 GB untuk Windows 8 dll. Jika ingin mnegintsall Operating System lainnya, kamu bisa mengguunakan flashdisk untuk sistem operasi yang Anda mau. Contohnya OS Linux yang biasanya ukurannya lebih kecil dari itu flash disk 4GB yang sudah cukup. Berdasarkan tutorial di atas kita dapat menyimpulkan bahwa proses membuat flash disk yang dapat di-boot sangat sederhana dan cepat. Jadi jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini silakan tinggalkan komentar di tutorial ini.

Posting Komentar untuk "Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 dengan Rufus, Caranya Mudah Kog"